Sunday, August 6, 2017

Pengalaman printer rusak -- Canon MP258

Aku punya printer Canon MP-258. Printer ini punya 3 fungsi, selapin ngeprint ia juga bisa scanning file dan photocopy juga. Sayang nya dua tahun lalu printer ku itu benar-benar nggak bisa digunakan. Saking sudah lamanya aku anggurin aku sampai nggak ingat rusaknya bagaimana. Yang jelas cartridgenya nggak berfungsi lagi. Jadi selama rusak ia hanya bisa digunakan untuk scan file. Sad.

FYI, printer itu memang aku modifikasi cartridgenya sehingga menjadi printer cartridge infus. Sebenarnya supaya tujuannya lebih simpel untuk refill tinta. Dan itu lah menurutku penyebabnya. Saat proses print, selang infus tinta sering banget tersangkut, sehingga jalannya mesin printer (cartridge) jadi nggak mulus, a.k.a sering tersendat-sendat-- bisa jadi ini juga karena mas-mas jasa modif printernya nggak memasangnya dengan baik. Sehingga sering banget muncul kode eror di LED display nya. Biasanya sih bisa kuatasi dengan cari tahu cara memperbaikinya, aku juga share di beberapa postinganku untuk beberapa kasus eror untuk Canon MP258 ini.

Tapi saat terakhir rusak parah itu entah kenapa cartridge nggak mau berfungsi sama sekali untuk menyedot tintanya. Aku bosan utak-atik terus TIAP kali ngeprint. Jadi aku 'masukin gudang' tuh printer. Bete. Sayang banget karena printer dengan 3 fungsi dan badannya yang 'bongsor' digudangkan kayak gitu.



Akhirnya akhir tahun 2016 kemarin ibuku meminta tolong ke staf di kantor untuk membantu membawa printer itu  ke tempat service. Dan menyebalkannya ternyata kita harus dmembayar Rp550.000. Well aku nggak tahu berapa pasaran biaya service printer. Keterangan servicenya memang mengganti cartridge yang memang nggak murah, dan isi tinta. Dan tabung infus tintanya sudah dilepas sama petugas servicenya. Yaudah diterima saja. Aku perlu belajar refill tinta dengan inject langsung ke cartridgenya dengan alat suntik. Karena kalau ke jasa refill tinta printer biayanya lumayan. heheheUdah kapok pakai tinta infus.

Yang penting sudah bisa nge-print dengan lancar. Hehehe
Kesimpulan dari pengalaman punya printer Canon MP258:
1. Harus ekstra hati-hati kalau punya printer yang dimodif dengan sistem infus, kalau bisa cari tempat modif yang sudah tersohor keahliannya. Lebui dikit
2. Kalau printer diusahakan pakai mode slow aja. Jangan terlalu sering pakai mode fast biar printernya nggak sakit-sakitan.

No comments:

Post a Comment

Comments here