Saturday, May 13, 2017

Keistimewaan 10 Malam terakhir Ramadhan

Lailatul Qadar
Sesungguhnya telah kami turunkan al-Qur'an pada Lailatul Qadar. Tahukah kamu apa Lailatul Qadar itu? Lailatul Qadar adalah lebih baik daripada seribu bulan.

"Rasulullah SAW. sangat giat beribadah di bulan Ramadhan melebihi ibadahnya di bulan yang lain, dan pada sepuluh malam terakhirnya beliau lebih giat lagi melebihi hari lainnya." (HR. Muslim).

Keajaiban-keajaiban yang terjadi pada 10 malam terakhir Ramadhan banyak disebutkan di al-Qur'an dan sunnah. Antara lain:
  1. malam Lailatul Qadr adalah malam dimana al-Qur'an diturunkan dan dicatatnya lauhul mahfudz seluruh hal perkara yang akan terjadi di muka bumi dicatat pada tahun tersebut. Rasulullah SAW bersabda: carilah lailatul qadr pada tanggal ganjil di sepuluh malam terakhir bulan ramadhan." (HR. Bukhori)
  2. Orang yang beribadah sholat di malam lailatul qadr akan diampuni dosanya yang telah lalu. "Dan barang siapa berdiri (sholat sunnah) pada malam lailatul qadr dengan penuh keimanan dan mengharapkan ridho Allah maka Allah mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (HR. Idnu Abi Dunya dalam fadhail Ramadhan).
  3. Pahala dari segala kebaikan yang kita lakukan di hari itu dilipatgandakan oleh Allah SWT. terlebih jika bertepatan dengan lailatul qadr maka satu amalan kebaikan pahalanya lebih baik dari amalan kebaikan seribu bulan (atau +/- 83 tahun). Firman Allah: "malam kemuliaan (lailatul qadr) lebih baik dari seribu bulan. (QS. Al Qadr: 3).
  4. Pada malam lailatul qadr Allah menyampaikan ucapan selamat kepada orang beriman sampai terbitnya fajar. Allah tidak mentaqdirkan selain keselamatan pada malam lailatul qadr.
Rasulullah dan para sahabat RA. telah memberi contoh aktivitas ibadah sangat bagus dilakukan pada malahm-malam tersebut, diantaranya:
  1. i'tikaf=> maksudnya berdiam di masjid dengan niat dan melakukan ibadah. "Rasulullah SAW beri'tikaf pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan."(HR. Mutafaq 'alaih).
  2. memperbanyak memberi sedekah=> Rasulullah SAW adalah orang yang sangat dermawan kepada siapapun, dan pada bulan beliau lebih dermawan lagi. Saat Jibril menemui beliau." (HR. Mutafaq 'alaih).
  3. Lebih memperbanyak membaca al Qur'an karena akan dilipatgandakan pahalanya saat membaca di bulan Ramadhan. Ibnu Abas berkata: "Jibril menemui Rasulullah SAW. pada setiap malam di bulan Ramadhan kemudian ia membacakan Qur'an kepada beliau SAW." (HR. Mutafaq 'alaih).
  4. Melakukan ibadah umrah. Rasulullah SAW bersabda, "umrahlah kamu pada bulan ramadhan , karena umrah pada bulan Ramadhan sebanding dengan melaksanakan ibadah haji". (HR. An nasai).
  5. Memperbanyak berdoa.
  6. memperbanyak sholat sunnah.

referensi: eramuslim

No comments:

Post a Comment

Comments here