Monday, August 8, 2016

Tentang Google Street View

Tahukah kamu bahwa Google memiliki fitur yang menurutku super keren? Fitur itu adalah Google Street View. Aku suka sekali dengan terobosan baru Google ini. Karena dengan Google Street View ini aku bisa melihat hampir seluruh sudut dunia dari layar komputer. Salah satu obsesiku, yaitu travel keliling dunia, yang belum juga kesampaian akhirnya sedikit terpenuhi dengan fitur ini. LOL. Canggih sekali Google ini, bisa menghasilkan teknologi sehebat ini.

Pertama kali aku menemukan ini saat aku sedang googling alamat sebuah toko. Lalu mesin Google mengarahkan ke Google Map, yang terhubung dengan Google Street View. Terdapat gambar yang bisa diklik, caranya dengan menarik avatar di pojok kanan bawah ke arah google map menggunakan kursor.

Berikut sedikit tutorial dari ku bagaimana cara dasar mengoperasikan Google Street View, lets check this out:
1. Masuk ke google search engine.Lalu ketik nama daerah/lokasi yang akan kita cari. Bisa nama toko, nama jalan, atau petunjuk umum lainnya.
1. ketik nama daerah/lokasi
 2. Klik gambar peta (google map) di sebelah kanan.

2. Klik gambar peta (google map)

3. Tarik avatar di pojok kanan bawah ke lokasi pada peta yang ingin kita view agar lebih spesifik.
3. Drag avatar/pion ke lokasi yang lebih spesifik

4.  Drop/lepas mouse di lokasi tujuan. Kali ini aku tujuannya mau ke Brooklyn di New York.
4. Drop mouse di lokasi yang diinginkan
5. Otomatis kita diarahkan ke lokasi yang tadi kita pilih dan disediakan slide di bawah layar. Sehingga user dapat melihat/memilih lokasi disekitar sana. Ada yang hanya berupa foto, foto yang dapat diputar kesegala arah, putar ke depan, belakang, atas, bawah, maju-mundur, contoh seperti di bawah in.
5. Otomatis kita diarahkan ke lokasi yang tadi kita pilih dan disediakan slide di bawah layar.
6. Untuk pindah ke depan (zoom in1) bisa dengan klik yang kita fokus-kan.
6. Untuk pindah ke depan bisa dengan klik yang kita fokus-kan (exp. aku klik di yang aku tandai dengan bintang).

7. Jika ingin lebih ke depan lagi (zoom in2) klik lagi sesuai keinginan. Begitu seterusnya.
7. Zoom In2
8. Simbol yang dilingkari artinya masih bisa dijangkau.
8. Simbol yang dilingkari artinya masih bisa dijangkau.
 9.Pada gambar yang di lingkari, artinya itu sign bahwa google belum menjangkau area itu. atau dengan kata lain itu sebagai batas jangkauan google street view.


10. ini contoh pemilihan menu foto pada slide bagian bawah Google Street View.


Menyenangkan, bukan, menggunakan Google Street View? Karena kita bisa melihat hampir seluruh daerah di dunia ini walaupun kita belum ada kesempatan kesana, seperti aku. Wkwkwk.


Setelah itu aku berpikir bagaimana bisa tim Google mengambil semua rekaman di hampir seluruh belahan bumi? Dengan satelit kah? Ternyata...
Sungguh canggih. Google mempunyai semacam armada yang digunakan untuk berkeliling dan mengumpulkan hampir semua view di dunia. Namanya adalah Google Car Mapping Street View. Di Google Car ini terpasang kamera yang dapat berotasi ke segala arah sehingga dapat menangkap setiap sudut jalan yang dilalui mobil ini.

foto milik ruthusher.com