Tuesday, August 23, 2016

Sepuluh Kota Paling Ramah di Dunia

Aku pengagum keindahan alam, lingkungan dan sebagainya yang indah-indah. Well, tentu hampir semua orang juga begitu. Sayangnya semakin hari semakin sulit ditemukan keindahan lingkungan maupun keindahan alam di negaraku sendiri. Contohnya saja suatu tempat wisata yang awalnya indah, makin lama makin tercemar.
 
Contohnya saja ini, kebiasaan di Indonesia jika suatu tempat indah yang berpotensi dijadikan tempat wisata sudah banyak dikenal orang, kemungkinan besar tempat tersebut akan semakin tidak terawat. Mirisnya, pencemaran itu dilakukan oleh pengunjung Indonesia sendiri. Entah mencemari dengan membuang sampah sembarangan, menginjak-injak tanaman hias di tempat wisata dengan santainya, dan sebagainya. Selain itu penggunaan kendaraan bermotor bahkan sudah semakin banyak, yang tentunya menimbulkan polusi udara.

Untungnya beberapa gubernur di beberapa kota di Indonesia sudah mulai peduli lingkungan dengan membangun dan menjaga keasrian kota. Misalnya dengan membangun taman-taman di beberapa spot untuk mengimbangi polusi di kota seperti yang dilakukan oleh Ibu Risma pada Kota Surabaya dan yang lainnya. Walaupun tidak sepesat kota-kota maju di negara lain, setidaknya Indonesia masih ada upaya. Semoga yang lain juga akan terinspirasi.

Aku sebelumnya membaca artikel dari harian Kompas. Sebuah majalah pariwisata bergengsi, Conde Nast Traveler baru-baru ini mengeluarkan peringkat kota teramah di dunia berdasarkan penghargaan Conde Nast Traveler's 29th annual Readers' Choice Awards. Kota Charleston, South Carolina, Amerika Selatan, menjadi kota teramah di dunia versi Conde Nast Traveler.
“Semakin banyak orang akan Charleston. Wisatawan Eropa sedang menuju ke Charleston karena mereka telah mendengar tentang makanan dan arsitektur. Ini publikasi yang besar dan pada momen yang tepat,” kata Editor Digital Conde Nast  Laura Redman seperti dikutip dari CNNTravel.

Survei pembaca majalah pariwisata tersebut dilakukan untuk kategori kota favorit, hotel, resor, pulau-pulau, penerbangan, jalur pelayaran, destinasi wisata impian, dan kota teramah di dunia. Survei ini sudah berlangsung kali keempat dan kali ini diikuti lebih dari 100.000 pembaca.

Wisatawan yang datang ke sebuah kota mendapatkan reputasi keramahan melalui penduduk setempat dan penampilan. Penduduk Charleston, Savannah dan Nashville, semuanya merupakan kota-kota di selatan Amerika Serikat, dianggap tanggap dalam menawarkan arah dan bantuan lain.
Pegawai hotel atau resor yang memberikan salam yang ramah kepada wisatawan yang datang, kemudahan proses check-in, minuman khusus yang menyegarkan, dan perlakuan khusus kepada anak-anak juga dianggap berkontribusi atas terpilihnya Charleston.

“Kota-kota itu mudah dijangkau dan menawarkan para wisatawan kesempatan untuk merasa seperti masyarakat setempat juga merasa ramah kepada pengunjung,” katanya.
10 Kota Teramah di Dunia Versi Conde Nast Traveler's
1. Charleston, South Carolina, Amerika Serikat
Boone Hall Plantation di Charleston
 Diatas ini adalah salah satu spot yang menyejukkan di Boone Hall Plantation di Charleston. Bisa dibilang benar-benar kota yang sangat dijaga kelangsungan hidupnya. Bahkan ada website khusus untuk memperkenalkan kota ini. Bisa dicek di http://www.charlestoncvb.com

2. Sydney, Australia

Art Quill Studio oleh http://www.fodors.com
 Di atas adalah pemandangan dari Art Quill Studio yang terkenal di Sydney.
3. Dublin, Irlandia
foto milik podroze.gazeta.pl
 Sepertinya menyenangkan berjalan kaki di kota ini. Begitu asri, rapi dan teduh. Dan satu lagi, desain bangunannya mendukung untuk meneduhkan pejalan kaki.


4. Queenstown, Selandia Baru

foto oleh http://beritalamongan.com
Salah satu wisata air di Queenstown. Sangat ingin berkunjung kesana.

5. Park City, Utah, Amerika Serikat
Park City malam bersalju (oleh forbes.com)

Park City siang hari (oleh oldtownguesthouse.com)
 Aku terkesan dengan view dimalam hari. Perpaduan cahaya kelap kelip lampu, salju, dan langit malam. Sangat indah.

6. Galway, Irlandia

view Galway dari atas oleh doradcapodrozy.pl

7. Savannah, Georgia, Amerika Serikat

foto milik kimptonhotels.com
Untuk mencari 'about' untuk tempat ini bisa dengan membuka website http://www.visitsavannah.com

8. Krakow, Polandia
pusat kota Krakow, foto milik guidetokrakow.com
 Diatas adalah salah satu sudur Kota Krakow. Arsiktekturnya tergolong megah. Untuk mengetahui lebih dalam lagi mengenai kota ini kita bisa membuka website ini: http://guidetokrakow.com/

9. Bruges, Belgia

foto milik www.canuckabroad.com
 Belgia memang terkenal sebagai salah satu kota air dengan arsitektur klasik yang bagus. Pada gambar diatas tampak bangunan-bangunan di pinggir kanal kota dengan arsitektur menarik.

10. Nashville, Tennesse, Amerika Serikat
foto milik www.visitmusiccity.com
Referensi: berbagai sumber

No comments:

Post a Comment

Comments here