Thursday, June 23, 2016

Cara refund dan Ubah Jadwal Penerbangan Lion Air

ini berdasarkan pengalaman dan ingatan saya aja. semoga bermanfaat.
REFUND TICKET
  1. Refund itu adalah kita cancel jadwal penerbangan a.k.a membatalkan keberangkatan, paling lambat kalau nggak salah 1 hari (24 jam sebelum jadwal kebrangkatan).  
  2. kalau mau refund tiket lion air melalui call center bisa langsung hubungi 0804778899. 
  3. Layanannya nggak gratis. udah gitu banyak pilihan ekstensionnya. Tarif sekitar Rp3000an lah ngeluarin pulsa Mungkin juga ini tergantung provider jaringan yg digunakan. Aku pakai kartu TE****EL.
  4. Butuh kesabaran ekstra karena nggak langsung nyambung dengan mbak/mas operatornya. Terutama pada arus penerbangan yang cukup padat, seperti arus mudik Lebaran, atau hari raya agama/tgl merah lainnya.
  5. Setelah terhubung sama operator layanan, nanti akan ditanya mau ubah penerbangan ke tgl berapa dan jam berapa. Dan akan ditanyakan kode booking yang akan direfund, data penumpang, dll.
  6. Selain melalui telepon, kalau di kota kamu ada kantor Lion Air, contoh: Lion Tower di Jakarta. Sebaiknya kamu langsung ke sana.
  7. Balik lagi ke layanan call center, setelah dikonfirmasi proses cancel masih bisa dilakukan apa nggak, nanti pihak Lion akan mengirim email tentang proses refund ke agen tiket tempat membeli tiket.
  8. Di email akan ditanya apa yakin mau melanjutkan proses refund.
  9. Setelah konfirmasi Ok refund, Lion akan mengirimkan hitungan uang tiket yang bisa dikembalikan. Umumnya dikatakan 50% uang yang kembali. Itu juga tergantung selisih jadwal berangkat dengan hari kita cancel. Plus biaya administrasi refung kuranglebih Rp30.000. Jadi bisa dibilang belum tentu full 50%.
  10. Kapan uangnya akan dikembalikan? biasanya 45-60 hari setelah laporan refund kamu diterima Lion.Uang refund akan ditransfer ke rekening agen tiket yang tertaut.
kondisi refund lain:
  1. Untuk refund akibat kondisi masalah teknis dari maskapai atau bandara yang mendadak membuat operasi maskapai atau bandara nggak memungkinkan dilakukan pada hari H jadwal kita terbang, biasanya refund akan dilakukan di kantor Lion di bandara.
  2. Kalau nggak salah Kita ditanyai akan refund full ingin ubah jadwal sendiri, atau refund full jadwal ditentukan hari itu juga.
  3. jika refund ubah jadwal sendiri, maka prosesnya akan ribet seperti langkah 1-10 diatas.
  4. jika sudah menentukan langsung akan terbang kapan, pihak Lion akan otomatis mengubah jadwal, dan kita nggak perlu urus refund. Tinggal diberikan jadwal baru saja.
UBAH JADWAL PENERBANGAN
  1. contoh jadwal penerbangannya adalah minggu depan. jadi masih cukup banyak selang waktu yang dibutuhkan untuk proses ubah jadwal. I think, nggak menutup kemungkinan juga sih sebenernya kalau mau ubah jadwal mepet beberapa hari sebelum terbang.
  2. seperti refund, proses ini bisa dilakukan melalui call center. Dan lebih direkomendasikan langsung mendatangi kantor Lion jika ada di kota kamu.
  3. Jika melalui call center, setelah terhubung operator, nanti akan ditanya dulu kode booking yang akan diubah. Ditanyai juga rincian data penumpang, dll.
  4. Ditanya akan ubah penerbangan pada hari, jam berapa.
  5. Setelah sekitar 5 menit diminta menunggu sembari operator menghitung biaya ubah jadwal (FYI, ubah jadwal nggak gratis). Dan harga yang dihitungin sama operator ini hanya perkiraan. Per orang nya juga cukup mahal. 100-300 ribun atau lebih. Mungkin ini juga tergantung ketersediaan/kelas seat dari jadwal yang kita tuju.
  6. Kita diminta dilakukan pembayaran biaya ubah jadwal itu sesuai batas yang ditentukan oleh pihak Lion.
  7. Kalau kamu urusnya langsung di kantor lion, bisa langsung bayar
  8. Kalau dikotamu nggak ada kantor Lion, kamu bisa melakukan pembayaran di Lion office di bandara di kotamu. Dan, entah gimana, biaya yang dikenakan untuk ubah jadwal selama pengalaman saya, jauh lebih murah waktu bayar dikantornya dibandingkan hitung2an dari operator via telepon tadi.
That's all my experience, semoga infonya bermanfaat, dan kalau ada kekurangan/keliru mohon maaf dan bisa komen di postingan ini, down below. thank you :)

No comments:

Post a Comment

Comments here